Bedugul, Lokasi Wisata Pegunungan Bali


Wisata Bali memang sudah terkenal dengan keindahan pantai-pantainya (Pantai Kuta, Pantai Dreamland, Pantai Lovina dan Tanjung Benoa) dan lokasi-lokasi wisata lain yang lokasinya pun tidak jauh dari pantai seperti Tanah Lot, Pura Uluwatu dan GWK sehingga tidak heran rasanya jika Bali dikenal sebagai lokasi wisata dengan kehangatan udaranya.
Namun tahukah anda bahwa Bali juga memiliki lokasi wisata pegunungan yang menawarkan keindahan alam dan kesejukan udaranya yang tidak kalah dibandingkan dengan lokasi wisata pegunungan di daerah lain?


Bedugul adalah salah satu lokasi wisata pegunungan di Bali yang wajib anda kunjungi jika anda ingin mendapatkan suasana lain setelah puas menikmati pantai-pantainya. Tempatnya yang tinggi membuat daerah ini selalu diselimuti kabut dan berhawa dingin. Daerah Bedugul adalah bagian dari kabupaten Tabanan dan berjarak kurang lebih 70 km atau 2,5 jam dari Bandara Internasional (Airport) Ngurah Rai.

Berikut adalah beberapa objek wisata yang dapat anda nikmati saat anda berkunjung ke Bedugul :

Danau Beratan
Danau Beratan terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Berada di jalur jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar – Singaraja. Danau Beratan merupakan salah satu objek wisata di Bedugul yang sayang kalau Anda lewatkan. Cuaca yang sejuk di siang hari membuat Anda merasa nyaman untuk menikmati pemandangan di sekeliling danau Beratan. Untuk menikmati pemandangan di sekeliling danau, Anda bisa menyewa kapal boot dan sampan. Sangat cocok bagi Anda dan keluarga atau bersama pasangan Anda untuk menikmati keindahan alam di sekitar danau Beratan. Lokasi wisata danau Beratan juga menawarkan berbagai olahraga air dan restaurant sebagai sarana pendukung lainnya.

Pura Ulun Danu
Pura Ulun Danu adalah Pura yang ada di pinggir Danau Beratan. Menurut sejarah Pura Ulun Danu Beratan diketahui dari arkeologi dan data sejarah yang terdapat dalam lontar babad Mengwi. Di sebelah kiri halaman depan PuraUlun Danu Beratan terdapat sebuah sarkopagus dan sebuah papan batu, yang berasal dari masa tradisi megalitik, sekitar 500 SM. Kedua artefak tersebut sekarang ditempatkan masing-masing di atas Babaturan atau teras diperkirakan lokasi di mana Pura Ulun Danu Beratan, telah digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan ritual sejak jaman megalitik. Pura Ulun Danu Beratan terdiri dari 4 komplek pura yaitu: Pura Lingga Petak, Pura Penataran Pucak Mangu, Pura Terate Bang, dan Pura Dalem Purwa berfungsi untuk memuja keagungan Tuhan dalam manifestasinya sebagai Dewa Tri Murti, guna memohon anugerah kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan manusia dan lestarinya alam semesta.






Kebun Raya Eka Bali
Suasana berbeda ketika anda memasuki kawasan Wisata Kebun Raya Eka Bali. Pepohonan besar di sepanjang jalan dan beraneka tanaman membuat anda serasa memasuki hutan yang tertata rapi. Kebun Raya ini adalah sebuah kebun Botani dibawah pembinaan Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor. 




Luas Kebun raya Eka Bali sekitar 157,5 ha dan memiliki koleksi tanaman yang dikelompokkan berdasarkan kerabatnya. Kebun Raya Eka Bali adalah salah satu lokasi wisata favorit bagi warga yang berasal dari kota seperti Denpasar atau badung untuk berwisata atau piknik bersama keluarga.





Lokasi Kebun Raya Eka Bali yang tidak jauh dari Danau Beratan (sekitar 2 km) membuat paket wisata ke bedugul semakin lengkap dengan kunjungan ke kebun raya ini.

Didalam area Kebun Raya Eka Bali juga terdapat area permainan TreeTop yang dapat anda coba untuk menguji adrenalin anda pada ketinggian.



Petik Strawberry
Lokasi wisata bedugul yang terdapat di daerah pegunungan membuat daerah ini menjadi daerah penghasil buah-buahan dan sayuran yang beraneka ragam. Anda dapat membeli oleh-oleh buah dan sayuran segar dari daerah ini, salah satu lokasi yang cukup terkenal adalah pasar Candikuning. 



Selain membeli langsung dari para pedagangnya, anda juga dapat menikmati senangnya memetik buah khususnya strawberry langsung dari pohonnya. Di lokasi wisata bedugul banyak perkebunan-perkebunan strawberry yang menawarkan paket wisata memetik strawberry dengan biaya yang sangat terjangkau.


Bagi anda yang ingin menikmati suasana lokasi wisata Bedugul lebih lama tidak perlu kawatir dengan akomodasi yang ada, karena banyak hotel dari yang murah sampai dengan hotel bertaraf internasional tersedia di kawasan ini.





Lihat Peta Lebih Besar










5 komentar:

Wisata Indonesia said...

Pantai Dreamland salah satu favorite saya. :)

Very Interesting Indonesia tourism information.

informasi wisata Indonesia - di www.piknikyu.com

Najla Alliya said...

dulu saat ke bali sayangnya tdk bisa mengunjungi semua tempt yg agan sebutkan di atas

Unknown said...

nice place

www.venom-ku.com/here
www.indonesiaholi.blogspot.com/here

Unknown said...

isss bagus bangett ,, jadi pengen kesnaa !!! tempat wisata indonesia

Bli Adit said...

Artikel yang sangat menarik

kunjungi juga: ayikatourbali.blogspot.co.id

Post a Comment