Nyepi, Wisata Kesunyian dan Keheningan

Hari raya Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang sebenarnya merupakah perayaan tahun baru Caka (Saka).

Saat hari raya Nyepi ada empat pantangan yang wajib diikuti oleh umat Hindu yaitu Amati Geni (berpantang menyalakan api), Amati Karya (menghentikan aktifitas kerja), Amati Lelanguan (berpantang menghibur diri/menghentikan kesenangan), Amati Lelungan (berpantang berpergian).




Perayaan Nyepi di Indonesia akan lebih terasa jika anda berada di Bali. Saat perayaan Nyepi pulau Bali akan terasa seperti kota mati dimana hampir semua penduduknya menghentikan semua aktifitasnya sehingga pemukiman dan pusat kota yang tadinya ramai akan terasa sepi dan sunyi.
Perayaan Nyepi akan lebih eksotis lagi ketika dimalam hari ketika keadaaan alam sekitar dalam kondisi gelap gulita, sunyi dan sangat tenang. Anda pastinya akan mendapatkan keindahan yang tidak dapat anda bayangkan dan tidak dapat anda dapatkan di tempat lain.

Jika anda ingin menikmati indahnya Nyepi di Bali sebaiknya anda mengetahui hari tahun baru Caka (Saka) ini karena hari ini hanya satu tahun sekali. Pilihlah hotel yang berada di pusat keramaian atau pusat pemukiman sehingga anda akan merasakan perbedaan kondisi yang sangat saat sebelum Nyepi dan saat Nyepi. Biasanya hote-hotel akan menyediakan paket Nyepi dimana harga yang ditawarkan lebih rendah daripada tariff normal.

Selain eksotisme kegelapan dan ketenangan yang dapat anda dapatkan pada saat Nyepi, anda juga akan disuguhkan kesegaran dan kebersihan udara yang dapat anda nikmati sepuasnya. Tidak adanya kendaraan, pabrik dan sumber-sumber polusi lainnya yang beroperasi saat Nyepi membuat udara begitu segar dan bersih.

Diperkirakan sekitar 20.000 ton emisi berhasil dikurangi setiap perayaan hari raya Nyepi di Bali bahkan para aktifis di Bali sedang mengusulkan ke PBB untuk membuat hari raya Nyepi ini juga diperingati oleh dunia sebagai World Silent Day.

Selain Nyepi, malam sebelum Nyepi anda dapat menikmati pawai Ogoh-Ogoh dimana anda dapat menikmati hasil dari jiwa seni masyarakat Bali.

Apakah anda tertantang untuk menikmati Nyepi di Bali?


Lihat Juga :



0 komentar:

Post a Comment