Gunung Rinjani & Danau Segara Anak, Dua Sejoli Yang Indah










Dengan ketinggian sekitar 3.726 meter diatas permukaan laut, Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah pegunungan Jayawijaya di Papua dan gunung Kerinci di Sumatra.


Berada di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu objek wisata terkenal di dunia menjadikan Gunung Rinjani banyak diminati oleh wisatawan asing. Medan pendakiannya yang menantang dan panorama yang indah merupakan daya tarik Gunung Rinjani untuk mengundang para pendaki mengunjunginya.







Danau Segar Anak, danau seluas 1.100 Hektar yang berada di puncak Gunung Rinjani adalah tempat favorit bagi para pendaki. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Keindahan danau Segar Anak inilah yang membuat rasa letih selama pendakian seakan terbayar lunas.

Untuk mencapai Pulau Lombok, anda dapat melakukan perjalanan udara dari Jakarta, Surabaya atau Denpasar Bali ke kota Mataram di Lombok. Anda juga dapat melakukan perjalanan darat dari Bali namun harus melakukan penyebrangan di Selat Lombok.


Setelah mencapai Lombok, ada beberapa rute yang dapat dilalui untuk mencapai Gunung Rinjani yaitu rute Senaru dan rute Sembalun Lawang. Untuk pendaki pemula lebih disarankan melakukan pendakian melalui Sembalun Lawang karena selain dapat menghemat 700 meter ketinggian, rute Sembalun relative panjang dan datar. Namun karena melwati padang savanna, rute ini akan lebih panas sehingga dianjurkan untuk menggunakan pelindung atau krim penahan panas.

Jika anda memilih rute Senaru, anda akan mendapatkan pendakian tanjakan tanpa jeda namun karena melaui hutan udara akan terasa lebih lembut.

Berikut rute dari Mataram ke Senaru dan Sembalun :
Mataram - Selong - Sambelia - Sembalun Lawang (140 km) sekitar 4,5 jam dengan mobil. Bila berjalan kaki ke danau memerlukan waktu sekitar 9 jam (25 km). 


Mataram - Bayan - Senaru (82 km) sekitar 2,5 jam, jalan kaki ke danau sekitar 9 jam (25 km)


Lihat Peta Lebih Besar

Lihat Juga :



0 komentar:

Post a Comment