Bunaken,Surga Bawah Laut Indonesia

Jika anda ingin menikmati keindahan panorama bawah laut maka tidak akan puas jika anda belum menikmati keindahan dari Taman Laut Bunaken.


Bunaken adalah sebuah pulau yang merupakan bagian dari kota Manado provinsi Sulawesi Utara. Teerletak di Teluk Manado sebelah utara pulau Sulawesi, Bunaken dapat dicapai dengan menggunakan speed boat selama 30 menit dari pelabuhan kota Manado.


Taman Laut Bunaken menyimpan keindahan bawah laut yang begitu eksotis. Dari 20 titik selam di Taman Laut Bunaken, ada 12 titik selam yang berada di sekitar Pulau Bunaken yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken


Di Laut Bunaken juga akan bisa ditemukan ikan choelacant (ikan raja laut), salah satu ikan Purba yang hidup di kedalaman 80 meter.
Terumbu tepian mendominasi perairan pesisir, selain terumbu penghalang. Yang paling menarik adalah tebing karang vertikal, menghujam di bawah permukaan air hingga 25-50 meter. Terdapat 58 jenis keluarga binatang karang sudah teridentifikasi. Karang berkulit keras yang berjasa membangun terumbu karang. Belalainya yang, walau hanya 1 mm, mengeluarkan zat kapur yangmembentuk terumbu karang.


Tebing bawah air memiliki banyak ceruk, celah dan rekahan, tempat persembunyian berbagai jenis vertebrata dan invertebrata laut. Selain karang keras, terdapat biota laut, bintang laut, teriping, dll. Terdapat pula jenis kima (Tridacna sp.), bahkan kima raksasa (Tridakna gigas) yang ukurannya bisa mencapai satu meter. Dataran terumbu karang ini lebarnya bisa mencapai 2,5 km. Jenis-jenis ikan yang umum dijumpai antara lain wrase, dansel, trigger, sweetlip, unicorn dll. Jumlah jenis-jenis ikan lebih dari 2000 jenis.
Bunaken masuk dan menduduki 10 tempat menyelam yang terpopuler di dunia untuk dikunjungi dan diselami. Menawarkan penyelaman yang spektakular sampai pada kedalaman 100 meter dan air laut hangat yang mengundang.


Lihat Peta Lebih Besar

Lihat Juga :



2 komentar:

Unknown said...

Bunaken aMazing...
tak bisa diungkapkan dgn kata2...
visit us at Wisata Bawah Laut
terima kasih...

Unknown said...

Terimakasih infonya. Jangan lupa kunjungi kami http://bit.ly/2ATcxRG

Post a Comment