Gili Trawangan, Pesona Lain Wisata di Pulau Lombok


Jika hanya mengenal Pantai Senggigi sebagai mascot wisata Pulau Lombok maka anda telah melewatkan salah satu lokasi wisata yang sudah dikenal oleh wisatawan baik itu wisatawan domestic atau wisatawan mancanegara.

Pulau Gili Trawangan, lokasi wisata yang satu ini adalah merupakan salah satu pulau dari ketiga pulau kecil atau Gili yang terdapat di sebelah barat Pulau Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Di antara ketiga gili tersebut, Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam.










Trawangan punya nuansa "pesta" lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau.

Untuk bisa menyebrang ke Gili Trawangan, kita bisa menumpang perahu yang berlabuh di Pelabuhan Bangsal. Jangan heran kalau di perahu itu juga dijejali dengan aneka macam sandang-pangan-papan, karena kebutuhan hidup di Gili dipasok dari Pulau Lombok. Sebagai informasi, kapal-kapal penyebrangan tersebut hanya beraktivitas dari jam 6 pagi hingga 6 sore.


Untuk penginapan, Gili Trawangan menawarkan banyak pilihan. Dari hotel berbintang bertarif jutaan rupiah per malam sampai losmen kecil bertarif ribuan rupiah per malam.
Karena begitu banyaknya wisatawan mancanegara di pulau ini khususnya saat peak season maka kita tidak akan menyangka bahwa kita masih berada di Indonesia.

Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.

Denyut nadi kehidupan dan daerah wisata di Gili Trawangan adalah di bagian selatan, Disini terdapat beragam kafe, restoran, dan pub berjejer di sepanjang pantai.


Lihat Peta Lebih Besar

Lihat Juga :

0 komentar:

Post a Comment