Danau Kerinci, Keindahan Yang Tersembunyi







Danau Kerinci terlihat begitu indah. Selain lokasinya berada di kaki Gunung Raja, danau ini memang berada di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Danau Kerinci dan Kecamatan Keliling Danau, Kabupaten Kerinci

Danau Kerinci memiliki luas 4.200 ha dengan kedalaman 110 m dan terletak pada ketinggian 783 m dari permukaan laut. Danau ini menyimpan banyak jenis ikan. Ikan Semah merupakan jenis yang paling digemari dan juga merupakan ikan endemik. Selain panorama alam yang indah, interaksi masyarakat sekitar dengan danau juga menyajikan kesan tersendiri bagi pengunjung, seperti para nelayan yang mencari ikan dengan menggunakan peralatan tradisional seperti pancing tangguk, jaring, jala, serta lukah. Jika beruntung, saat nelayan mendarat, pengunjung dapat membeli ikan segar dibawah harga pasar.





Danau Kerinci yang luasnya mencapai puluhan hektare berhawa sejuk, setiap tahun dijadikan lokasi Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FPMDK) yang sudah menjadi kalender wisata tahunan.

Dalam festival tersebut berbagai kegiatan dan atraksi wisata menarik digelar sebagai upaya untuk menarik kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kerinci yang berjarak sekitar 400 Km dari Kota Jambi itu.

Selain Danau, terdapat lokasi wisata menarik lainnya di daerah tersebut yaitu :
Daerah Pesanggarahan,  dimana kita bisa melihat pemandangan Danau Kerinci dari atas.
Tanjung Hatta, tempat Bung Hatta menikmati panorama Danau Kerinci dan menanam pohon disana.
Rumah Laheik, rumah khas kerinci yang berada di desa Seleman,   
Dolmen Batu Raja dan Masjid Keramat Pulau Tengah di Desa Pulau Tengah
Di sekitar danau Kerinci juga terdapat sejumlah batu berukir yang diduga peninggalan manusia megalit

Perjalanan menuju Danau Kerinci dapat dilakukan dalam tiga jalur alternatif. Yang paling utama adalah jalur Jambi menuju Sungai Penuh, jalur kedua adalah dari Kota Padang menuju Tapan dan yang terakhir adalah dari padang menuju Muaralabuh. 

Bagi anda pengunjung Kota Jambi, tak perlu khawatir dalam masalah akomodasi. Di sekitar Danau Kerinci teah tersedia begitu banyak hotel kelas melati yang memiliki tarif cukup terjangkau pula.


Lihat Peta Lebih Besar

Lihat Juga :


0 komentar:

Post a Comment