Prambanan, Candi Hindu Terbesar Di Indonesia

Seperti halnya Borobudur, candi Prambanan juga merupakan candi besar yang ada di Indonesia. Keberadaan candi ini juga sudah dikenal luas di dunia. Jika candi Borobudur adalah candi Budha terbesar di Indonesia maka candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia.



Berada kurang lebih 20 km dari Yogyakarta, 40 km dari Surakarta/Solo dan 120 km dari Semarang membuat candi Prambanan mudah diakses dari kota-kota besar tersebut.


Candi Prambanan dibangun oleh Rakai Pikatan, raja kedua wangsa Mataram I namun dalam perkembangannya terdapat sebuah legenda yang mewarnai keberadaan canndi ini yaitu legenda antara Bandung Bondowoso dan Roro Jongrang.

lkisah, lelaki bernama Bandung Bondowoso mencintai Roro Jonggrang. Karena tak mencintai, Jonggrang meminta Bondowoso membuat candi dengan 1000 arca dalam semalam. Permintaan itu hampir terpenuhi sebelum Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari. Bondowoso yang baru dapat membuat 999 arca kemudian mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1000 karena merasa dicurangi.

Komplek candi Prambanan terdiri dari Candi utama yaitu Candi Siwa(tengah), Candi Brahma (selatan), Candi Wisnu (utara). Didepannya terletak Candi Wahana (kendaraan) sebagai kendaraan Trimurti; Candi Angkasa adalah kendaraan Brahma (Dewa Penjaga), Candi Nandi (Kerbau) adalah kendaraan Siwa (Dewa Perusak) dan Candi Garuda adalah kendaraan Wisnu (Dewa Pencipta).



Jika anda mengunjungi candi Prambanan anda akan dapat menikmati berbagai relief dimana salah satu reliefnya menceritakan tentang kisah Ramayana. Kisah Ramayana ini sering divisualisasikan dalam sendra tari yang diadakan di pelataran candi Prambanan.

1 komentar:

Fendy Ahmad Thahir said...

wah keren ya...

Post a Comment