Air Terjun Sendang Gile, Keindahan Di Kaki Gunung Rinjani


Pulau Lombok memiliki banyak objek wisata yang sangat menarik, maka tidak heran jika pulau ini juga menjadi salah satu daerah wisata andalan di Indonesia selain Pulau Bali.

Selain Pantai Senggigi dan Gunung Rinjani berserta Danau Segara Anak nya, pulau Lombok memiliki Air Terjun Sendang Gile sebagai tujuan wisata utama.


Berada di kaki Gunung Rinjani tepatnya di Desa Senaru, Air Terjun Sendang Gile sudah menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya. Terletak di ketinggian 600m di atas permukaan laut, air terjun ini menawarkan suasana relaks dan damai. Bagi wisatawan yang jenuh dengan hingar-bingar kota, ada baiknya untuk singgah di lokasi wisata ini. Sentuhan alamnya yang tergolong jauh dari nuansa perkotaan, panorama asri dan menawan, serta udaranya yang segar, mampu membawa anda ke dunia yang dapat menghilangkan kepenatan di kepala.

Ada dua jalur untuk sampai ke Desa Senaru. Melalui Senggigi atau melalui Pusuk. Dua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kalau melewati Pusuk, pemandangan sawah dan hijaunya gunung-gunung di kanan kiri tersaji. Setelah itu perjalanan akan melalui jalan yang berkelok-kelok sambil menanjak sampai melewati puncaknya pusuk. Ketika melewati Puncaknya pusuk (biasanya disebut juga pusuk pass) Anda akan melewati daerah wisata Pusuk, dimana sepanjang jalan akan terdapat monyet-monyet kecil. Tak perlu khawatir monyet-monyet ini sungguh jinak



Alternatif kedua adalah melewati Senggigi. Berjarak tempuh lebih jauh dan lebih lama bila dibandingkan melalui pusuk, namun jalur ini menjanjikan view pantai. Mulai dari Pantai meninting, Pantai Batu Bolong, Pantai Senggigi, Pantai Kerandangan, Pantai Malimbu sampai dengan melihat 3 pulau kecil di sebelah barat Pulau Lombok yaitu Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno.

Lokasi air terjun yang berada di kawasan Rinjani ini dinamakan Sendang Gile, karena menurut cerita, penduduk setempat secara tidak sengaja menemukan air terjun ini kala memburu singa gila yang mengacau di sebuah kampung dan kemudian lari masuk ke hutan. Lokasi wisata yang lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik ini memiliki ketinggian kurang lebih 31 meter. Air terjun ini muncul dari atas tebing dan jatuh ke sungai yang ada di bawahnya. Dasarnya relatif datar, sehingga banyak orang yang mandi di bawah air terjun. Ada lokasi air terjun lain di lokasi ini yang bernama Tiu Kelep. Namun karena jarak tempuh dari Sendang Gile memakan waktu (1 jam) dan kondisi jalan yang kurang baik, para wisatawan biasanya lebih memilih cukup mengunjungi air terjun ini.


Dari pintu loket, kita harus jalan kaki melalui jalan setapak semen menurun diselingi tangga yang lumayan banyak. Di lokasi itu ada dua air terjun.. Untuk mencapai air terjun terbesar di lokasi ini, kita harus keluar dari jalur jalan semen. Melintasi jalan setapak kecil mengikuti aliran irigasi, melwati jembatan yang sekaligus selokan irigasi di ketinggian sekitar 20 m di atas sungai tertutup pepohonan rimbun. Setelah itu kita harus menyebrang sungai, meloncat-loncat di atas batu-batu sungai, hingga akhirnya lanjut menyusuri jalan setapak. Perjalanan dari air terjun pertama hingga air terjun ke dua kisarannya makan waktu kurang lebih 15 menit saja. Sampai akhirnya kita tiba di air terjun besar yang suaranya bergemuruh.



Air terjun itu berukuran besar. Dengan dinding-dinding raksasa setengah melingkar, lembab dan berlumut. Rasa lelah menuruni anak tangga akan terasa hilang ketika anda sampai di lokasi wisata ini. Alirannya air dan kolamnya yang begitu jernih serasa mengundang anda untuk mandi didalamnya.

Selain keindahan alamnya yang begtu mempesona, penduduk sekitar percaya bahwa jika kita mandi di air terjun ini akan membuat kita terlihat satu tahun lebih muda.

Lokasi wisata Sendang Gile juga menawarkan Hotel ataupun Villa yang tidak kalah dibandingkan dengan lokasi wisata lainnya. Suhu udara yang dingin di lokasi ini akan membuat udara terasa sejuk sehingga akan membuat anda betah untuk menikmati lokasi ini lebih lama.


Lihat Peta Lebih Besar


Lihat Juga :

2 komentar:

Irham Hady said...

nice info gan visit back blog sy indonesia-lombok.blogspot.com

thanks.

Irham Hady said...

follback gan, sy udah follow blog agan

Post a Comment